Langsung ke konten utama

Terbentuknya Karakter Anak Semenjak dalam Kandungan

[pict from pinterest]

Mungkin sebagian dari kita seringkali beranggapan bahwa, mendidik dan mengarahkan anak itu setelah mereka telah terlahir ke dunia. Pandangan dan pemikiran seperti itu tidak-lah salah, namun lebih baik dan benarnya ialah ketika Tuhan telah menitipkan buah hati di dalam kandungan kita. Ya.. masa-masa mengandung selama Sembilan bulan lamanya perlu kita nikmati dan syukuri. Sejak saat itu-lah seorang Ibu wajib untuk belajar dan memberdayakan dirinya. Apa yang kau tanamkan saat mengandung akan sangat berpengaruh bagi emosional, karakter dan spiritual si kecil kelak. Nah, Bunda karakter seperti apa yang kau inginkan untuk anakmu?
Bunda-bunda ingin kan ketika ia lahir si bayi dapat membedakan siang dan malam? Atau ingin mempunyai bayi yang ceria dan tidak rewel (rewel cuma dalam hal tertentu, misal haus atau bosan)? Ingin punya bayi yang aktif dan bersemangat untuk belajar pula? Yapp.. itu semua berbagai keinginan setiap Bunda-bunda kan.
Nah, maka dari itu kitanya sendiri sebagai seorang Ibu harus mau belajar. Jangan terbawa emosi atau malas atau dikit-dikit yang disalahin bawaan bayinya ini. Upss.. ubah donk mindset seperti itu!! Saat kita hamil yang harus kita lakukan ialah mengubah cara pandang dan cara berpikir kita, ubah pula kebiasaan kita bermalas-malasan dan harus rajin berinteraksi dengan si jabang bayi dalam kandungan.
Lantas kita harus mulai darimana? Yuukk.. ikuti kisahku dalam mengandung Baby Katleen. Sejak awal tahu aku hamil, sontak saja aku pasti BAHAGIA. Nah, ini hormon pertama yang harus terus kalian bawa saat hamil yaitu perasaan BAHAGIA dan CINTA. Jelas donk ini anak pertama, bawaannya pasti ingin lebih berhati-hati. Namun, jangan sampai efek kehati-hatianmu itu membuat kamunya sendiri jadi serba takut dan ruang gerak dalam beraktivitas terbatas.
Aku sendiri masih terus bekerja dan beraktivitas seperti biasanya, yang berbeda nih aku sedikit lemas dan malas di awal-awal kehamilan. Hal tersebut harus aku kalahkan donk!! Jadi, aku siasati dengan cara membuat aktivitasku lebih semangat, menyapa orang baru dan berinteraksi dengan orang-orang sehingga aku tidak malas lagi. Hormon positif yang dibawa oleh orang-orang disekitarku pasti tertular dan itu sangat baik bagi perkembangan buah hati.
Lalu apalagi yang harus dilakukan agar kita menikmati masa-masa kehamilan dengan penuh menyenangkan? Ya.. Bunda-bunda harus membuat list hal apa saja yang membuat Bunda happy. Kalau aku nih yaa, aku suka makan icecream, suka nonton, suka berenang dan jalan-jalan (banyak banget kan kesukaan aku, hehehe).
Selain itu, aku juga suka banget yang namanya olahraga apalagi senam atau zumba. Nah, berhubung lagi hamil toh masa iya aku senam-senaman? Hehehe.. tau diri juga yaa sama tau batas kemampuan kita sampai dimana. Akhirnya aku putuskan untuk ikutan Prenatal Gentle Yoga sejak usia kandungan tiga bulan. Seru banget lho pas hamil ketemu sesama Bumil-bumil lainnya itu, bisa saling bertukar cerita dan pengalaman. Paling enaknya tuh setelah Yoga langsung dilanjutkan dengan hypnobirthing jadi bidan instrukturnya akan memberikan afirmasi positif selama hamil dan untuk persalinan kelak. Enak toh? Udah dapat latihan yoganya, belajar nafas panjang, belajar mengendalikan emosi dan diri eh, dapat afirmasi positif yang mampu memberikan energy hangat dalam tubuh dan juga kandungan kita.
Lalu apa sih hubungannya antara kesukaan aku, aktivitas yang kuikutin selama hamil dan karakter anak dalam kandungan? Ya.. semua ada hubungannya. Kenapa? Karena, aku ingin mempunyai seorang anak yang KUAT, SEHAT, CERIA dan TIDAK MANJA serta MANDIRI. Jaman sekarang lho bayangkan kalau cewek manja gimana? Mau kesana kemari susah, gak bisa sendiri dan belum tau kesukaan serta potensinya apa kan repot?
Upss.. kelupaan satu hal nih, aku juga mau kalau ntar si bayi lahir ke dunia ini dia sudah tau dan bisa membedakan mana pagi hari dan malam hari, jadi ketika waktu pagi hingga sore dia banyak beraktivitas dan di malam hari ia terlelap untuk tidur. Kan kebanyakan orang pada parno kalau anaknya rewel dan susah tidur di malam hari, nah ini dia mindset yang harus kita hapus dalam-dalam. STOP mikirin apa kata orang ya Bu-ibu!! Sekali lagi kutegaskan ENJOY YOUR PREGNANCY, SO YOU CAN MAKE YOUR AMAZING BABY!!
Jadi, ketika malam tiba aku elus-elus deh tuh perut, “Nak, ini udah malam saatnya kita istirahat ya. Kalau mau bangun atau gerak-gerak dilanjut besok pagi aja ya!” alhasil tuh bayi pas malam hari tidak nendang-nendang deh, nah pas pagi hari sekitar setengah enam pagi dia udah jedug-jedug nendang menyapa Ibunya. Nah, it’s work Bu-ibu!!
So, hapus mindset apa kata orang yaa, apalagi kalau lebih kearah negative statement. Lebih baik cari orang yang bisa membawa dampak positif dan menularkan aura hangat untuk dirimu dan kandunganmu. Kalau pikiran kita sehat, terbuka dan selalu bersemangat maka bawaan bayi di dalam kandungan pun juga merasakan hal yang sama.
Apalagi sih selain menjaga pikiran, rajin berolahraga, mencari kegiatan yang menyenangkan dan melakukan hal-hal kesukaan kita untuk membentuk karakter anak ketika dalam kandungan? Selanjutnya adalah menjaga pola makan!! Ya.. point ini sangatlah penting, kenapa? Karena, nutrisi paling utama bagi jabang bayi ialah makanan yang Ibunya makan. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih makanan dan jangan terburu nafsu sesaat alias godaan sesaat yang makan ini itu lah semua dicaplok ajah!! Lah kalau kayak gitu bukan lagi nutrisi untuk bayi, tapi menimbun lemak untuk sang Ibu hihihi.
Mulai dijaga baik-baik ya Bunda-bunda sekalian pola makannya, apalagi ada dedek bayi di kandungan. Paling utama ialah perhatikan asupan vitamin, protein dan lemak tak jenuh alias lemak baik (misalnya alpukat dan kacang-kacangan). Buang jauh-jauh keinginan makan bakso, mie dan jajanan tak sehat di luar karena, berpotensi bahan pengawet dan perasa lainnya. Ya, toleransi bolehlah mencicipi sekali-kali. Misal nih yaa, seminggu sekali atau dua minggu sekali itu batas amannya. Tapi, mencicipi gak harus habis dua mangkok kan Bu-ibu?!! Ntar alasan lagi bilangnya kan lagi hamil, butuh makan dua porsi. Itu statement yang salah juga ya. Ibu hamil itu butuh asupan nutrisi, vitamin dan lemak yang seimbang tidak berlebihan. Sehinggan asupannya lebih banyak terserap ke-bayinya.
Jadi, mendingan buat makanan dan minuman sendiri, selain seru kan dapat sehatnya juga. Semenjak si bayi ketahuan identitasnya perempuan. Aku jadi rutin buat susu almond dan sari kedelai sendiri, buat apa toh? Nah, sari kedelai ini sangat bagus untuk kulit ibu hamil dan bayinya (sstt, biar putih bersih hihi). Selain itu rajin makan ikan salmon atau tuna, terus dada ayam (buang kulitnya ya), makan telor tapi wajib matang ya Bunda-bunda yang lagi hamil. Sama minum jus alpukat dan buah naga. Serta perbanyak sayur hijaunya.
Banyak banget toh yang harus dipelajari, eh jangan Cuma dipelajari aja tapi diterapkan ya!! Wajib diterapkan supaya bayi dalam kandungan juga mau untuk belajar dan mendapatkan asupan nutrisi yang sehat. Kalau bayi sehat kan Ibunya juga yang senang toh? Eng ing eng…
Berhasil gak sih semua yang telah aku terapkan selama masa-masa kehamilan? Sudah mengeluarkan effort yang gak sedikit lho Bunda-bunda. Selain itu mau untuk belajar dan memberdayakan diri selama kehamilan hingga melahirkan pun kelak lancar, normal dan tanpa kendala apapun (ceritanya nanti akan direlease soon deh!).
Mau tau hasilnya apa? Ya.. baby Katleen gak pernah ngajakin Mama Papanya begadang sama sekali. Mulussss… si bayi tidur pulas di malam hari ketika pukul delapan atau Sembilan malam dan pukul setengah enam pagi ia bangun. Ia juga tidak rewelan, mudah untuk beradaptasi, selalu ceria dan amat sangat aktif. Di usianya yang menginjak mau enam bulan ajah Mamanya sudah kewalahan karena, ia merangkak kesana kemari, duduk plus berdiri dan udah mulai manjat-manjat cari pegangan buat berdiri. Selain itu setelah melahirkan langsung berat badan turun seperti sebelum hamil. So.. semua asupan makanan lari ke bayinya kan Bu-ibu, tepat sasaran.

Jadi, kuncinya adalah nikmati masa kehamilanmu, perbanyak kegiatan positif yang menyenangkan. Bertemu dengan orang-orang yang mau diajak bertukar cerita dan memberikan afirmasi yang positif pula. Sehingga kelak bayi dalam kandunganmu bisa tumbuh sehat dan menjadi seperti apa yang Ibu pikirkan juga. Saat ia telah tiba di dunia ini, Ibu bisa menyambutnya dengan penuh kehangatan dan cinta serta merawatnya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Just Do it! Keep moving on!! [rose,91]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah dari Sebuah Ketaatan Graha Bethany Nginden On Story

“Kita harus senantiasa membutuhkan Tuhan dalam berbagai keadaan baik dalam keadaan sukses maupun saat mengalami pergumulan, karena itu merupakan kerinduan Tuhan agar umatNya membutuhkan Dia. Oleh kemurahan Tuhan sehingga sampai saat ini saya masih melayani Tuhan.” dalam Khotbah Pdt. Abraham Alex Tanuseputra  bulan Maret. Bethany Church of God berawal di jalan Manyar Sindharu II/4 (sekarang bernama Manyar Rejo) pada tahun 1977 dan ibadah dilakukan di dalam sebuah garasi rumah serta memiliki jemaat mula-mula kurang lebih tujuh orang. “Perkembangan jemaat sangat pesat, hingga mencapai ratusan dalam waktu satu tahun saja. Lalu, Pdt. Abraham Alex Tanuseputra pun memutuskan untuk mendirikan tempat ibadah di Manyar Rejo I/29 yang saat ini bernama Bethany Manyar,” papar Pdt. Alexander Yunus Irwantono selaku kesekretariatan Graha Bethany Nginden. Pada 24 Desember 2011 lalu, Pdt. Aswin Tanuseputra memberikan kesaksian mengenai Kebesaran Tuhan dalam keluargaNya. “Andreas Tanuseputra adalah adi

Keharmonisan dalam Sebuah Perbedaan

[Photobooth at Our Wedding Day]             Kisah ini tidak-lah mudah dan mulus seperti yang telah kalian semua lihat dan bayangkan. Tepat setahun lalu 01 Oktober 2016, kami berdua mengikrarkan janji suci, sehidup semati di hadapan Altar Kudus-Mu, Tuhan. Namun, dibalik itu semua ada sebuah perjuangan, pengorbanan, tangisan dan tawa dalam perjalanan cinta murni dan tulus antara diriku dan dirinya.             Kami berdua tidak pernah menduga sebelumnya bahwa banyaknya perbedaan yang ada malah menjadikan kami lebih kuat dan lebih yakin untuk menjalani perjalanan cinta ini. Padahal jika dipikir-pikir lagi perbedaan kami tidaklah satu saja, ada A B C dan D. Ada empat perbedaan mendasar dalam hubungan ini. Banyak pihak yang tidak menyetujui hubungan ini. Dua belah pihak keluarga besar pun sangat menentang hubungan ini. Padahal kekuatan cinta kami begitu besar, namun mengapa mereka tidak percaya dan menentangnya? Ya.. namanya juga orangtua pasti mau yang terbaik bagi anak mereka.

KENIKMATAN DUNIAWI VS KEHIDUPAN KEKAL

Hidup ini begitu manis dan indah untuk dijalani. Adapun kenikmatan duniawi yang sering menggoda kita sebagai manusia yang ingin mencoba segala hal. Begitu nikmat kita rasakan, hingga tak menyadari kita telah berbuat dosa. Tak ada dosa kecil maupun dosa besar, semua dosa sama di mata Tuhan. Seringkali kita merasa kita tak pernah berbuat salah, kita rajin doa, rajin ke gereja, menolong sesama dan beramal. Tapi, tanpa kita sadari. Kita pun pernah jatuh dalam dosa. Saat ingin menolong sesama, kita selalu melakukannya dihadapan orang lain. Agar, kita mendapat pujian. Kita berdoa, tapi malah marah-marah, mengeluh pada Tuhan, minta ini dan itu. Coba kita renungkan Efesus 5:3-5. ”..Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosomg atau yang sembrono- karena hal-hal ini tidak pantas- tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur..” Sekalipun kita berkata-kata kotor dalam hati, Tuhan sudah mengetahuinya. Segala sesuatu yang tersembunyi akan terlihat oleh Tuhan. Efesus 5:17 ”Sebab itu janganlah kamu bodoh,